Lokomotif CC206 adalah lokomotif terbaru PT Kereta
Api (Persero) buatan General Electric, Amerika Serikat.Lokomotif ini
memiliki 2 bogie dengan konfigurasi UIC Co’ Co’ yaitu 3 as roda untuk
setiap bogie. Perbedaan dengan lokomotif diesel elektrik GE lainnya
dengan jenis yang sama adalah lokomotif ini memiliki 2 kabin masinis di
ujung muka dan belakang seperti halnya lokomotif listrik pada umumnya.
Lokomotif CC206 diperuntukkan untuk angkutan barang di Pulau Jawa dan
diproyeksikan untuk mengganti beberapa tugas lokomotif CC201 dalam
menarik kereta barang. 6 unit pertama dipesan langsung ke Amerika
Serikat dan sisanya akan dirakit di PT INKA GE Lokindo Madiun. Saat ini
satu unit lokomotif tengah menjalani uji coba di Balai Yasa
Pengok Yogyakarta. Lokomotif tersebut diangkut menggunakan trailer
dari Pelabuhan Tanjung Priok setibanya pada bulan Januari 2013.
Direncanakan unit ke 2 akan diperkirakan datang pada bulan Febuari 2013.
Spesifikasi |
Susunan roda AAR |
C-C |
Klasifikasi UIC |
Co’Co’ |
Lebar trak |
1.067 mm |
Bogie |
Fabricated bogie (welded construction) |
Panjang |
19.000 mm |
Berat lokomotif |
85 ton |
Jenis bahan bakar |
Solar HSD |
Penggerak utama |
GE 7FDL-12 |
Jenis mesin |
GE 7FDL-12 |
Motor traksi |
6 buah |
Jumlah silinder |
12 |
Kecepatan maksimum |
120 km/jam |
Keluaran daya
2165-2750 HP |
sumber |
|
| https://hendriyana90.wordpress.com/cc206/ | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar